Rumusan Program Educational Objectives (PEO)
Penentuan Program Educational Objectives (PEO) mempertimbangkan (i) Visi dan Misi Program Studi, (ii) hasil tracer study yang menunjukkan profil lulusan, (iii) sumber daya, dan (iv) masukan dari para pemangku kepentingan terkait perkiraan kebutuhan tenaga kerja di bidang Teknik Industri serta perkembangan ilmuan.
Berdasarkan pertimbangan tersebut, dirumuskan PEO atau profil professional mandiri. PEO juga diselaraskan dengan tujuan pendidikan UGM sebagaimana tercantum dalam Peraturan Rektor Universitas Gadjah Mada No. 14 tahun 2020 tentang Kerangka Dasar Kurikulum UGM (Bab 2, pasal 3). PEO atau profil professional mandiri dari PM-PSTI adalah sebagai berikut:
- Mampu menguasai dan menerapkan keilmuan Teknik Industri terkini secara komprehensif.
- Mengimplementasikan keterampilan analitis lanjut yang kontekstual guna menghasilkan karya dengan tetap mempertimbangkan sustainability.
- Mampu berkontribusi penting dalam tim dengan bertanggung jawab, beretika, serta mampu berkomunikasi secara efektif dan tetap memegang teguh nilai-nilai ke-UGM-an.
- Menjadi pembelajar mandiri sepanjang hayat yang adaptif terhadap dinamika masyarakat dan profesi.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau Student Outcomes (SO)
Dengan mengacu pada visi dan misi PM-PSTI UGM dan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki profil seperti yang telah dirumuskan dalam Program Educational Objectives (PEO), maka lulusan PM-PSTI diharapkan memiliki kompetensi yang dirumuskan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau Student Outcomes (SO) sebagai berikut.
Knowledge:
A1. Menguasai, menerapkan, dan/atau mengkombinasikan pengetahuan matematika, sains, ekonomika, dan ilmu bidang Teknik Industri.
Engineering Skills:
B.1. Mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi dan merefleksikan data untuk menarik contextual inferences (benang merah sesuai konteks).
B.2. Merumuskan masalah, merancang alternatif solusi, dan mengambil keputusan secara rasional dengan pendekatan system thinking dan mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.
B.3. Memodelkan, mengevaluasi, dan memperbaiki sistem sosio-teknikal kompleks dengan batasan yang ada menggunakan metode dan/atau engineering tools terkini.
B.4. Melaksanakan dan mengelola penelitian inter/multi disiplin yang unggul, inovatif dan teruji untuk mengembangkan keilmuan Teknik Industri yang dituangkan dalam kertas kerja ilmiah.
Professionalism:
C.1. Memimpin, mengelola, dan berperan penting dalam kerja tim multidisiplin dan multi-budaya secara bertanggung jawab sesuai etika profesi.
C.2. Berkomunikasi secara efektif secara lisan dan tulisan.
Life-long Learning:
D.1. Memperoleh pengetahuan secara mandiri tentang perkembangan keilmuan dan teknologi terkini di dunia serta mampu beradaptasi dalam situasi yang dinamis.